Search
  • ifgfsingapore

KUASA DARI BAPTISAN AIR

Baptisan air adalah sebuah deklerasi kita kepada dunia, deklarasi yang menyatakan bahwa kita adalah manusia yang baru. Hal yang lama sudah berlalu dan hal yang baru sudah datang.



Mengapa kita harus dibaptis air?

Apakah baptisan itu menjadi salah satu syarat untuk kita masuk surga?


Keselamatan hanya didapatkan di dalam Yesus. Roma 10:9-10 mengatakan, "Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan." Yohanes 11:25-26 mengatakan, "Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakan engkau akan hal ini?"


Yohanes 3:36, Yohanes 6:47, semua dari ayat-ayat ini mengatakan bahwa keselamatan yang kekal didapatkan hanya di dalam Yesus; pada saat kita mengaku dengan mulut bahwa kita orang yang berdosa, meminta ampun dan menerima Yesus (sang perantara) sebagai Tuhan dan juru selamat, maka kita akan menerima hidup yang kekal di surga.


Bagaimana dengan baptisan? Baptisan adalah simbol yang menyatakan kita sebagai orang Kristen dan pengikut Yesus. Seperti Yesus, Dia pun juga dibaptis air sebelum dia memulai pelayananNya di bumi ini. Dengan baptisan kita mengkuburkan kehidupan lama kita dan dibangkit kepada kehidupan yang baru bersama dengan Kristus. Seperti cincin nikah yang menjadi simbol komitmen antara suami dan istri di dalam hati, baptisan air-pun juga menjadi komitment yang harus selalu dijaga sepanjang hidup kita dan menjadi momen yang kita selalu ingat selamanya.


Kolose 1:12 "Dalam baptisan, kamu dikuburkan bersama dengan Kristus, dan juga dibangkitkan bersama-sama dengan Dia melalui imanmu dalam kuasa Allah yang membangkitkan Dia dari antara orang mati."


2 Korintus 5:17 "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."


Diselamkan di dalam air itu berarti bahwa kita meninggalkan kehidupan lama kita di dalam "kubur" dan saat kita diangkat dari air itu berarti bahwa kita bangkit bersama dengan kuasa kebangkitan Kristus. Tuhan yang membangkitkan kita kepada kemenangan yang sudah diraih oleh Yesus di hari ketiga. Tuhan sudah membawa kita kepada kebangkitan yang baru. Semua dosa sudah diampuni, semua kesalahan sudah dihapus di atas kayu salib-Nya.


Baptisan air juga menjadi salah satu cara dimana secara visual kita memberitakan injil dari Kristus. Kita menyatakan dengan sakramen ini bahwa kita ada pengikut Kristus dan kita percaya akan kematian dan kebangkitanNya, sehingga kita bisa masuk kedalam kehidupan yang baru. Baptisan air juga menghubungkan kita dengan orang-orang yang percaya, sehinggal kita tidak hanya percaya kepada Tuhan yang sama, tetapi kita juga bisa saling bertumbuh dan berjalan bersama di dalam kasih Tuhan.


Sepanjang hidup kita, ijinkan untuk baptisan air ini menjadi salah satu hal yang kita ingat selalu bahwa Kristus mati atas dosa kita dan bangkit untuk mengalahkan maut. Kita adalah ciptaan yang baru. Kita adalah anak-anakNya. Kita adalah pengikut Yesus selama-lamanya.

24 views0 comments

Recent Posts

See All