Search
  • ifgfsingapore

Hidup Di Dalam Tuhan




"Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur." - Kolose 2:7


Sebagai orang yang percaya, Paulus mendorong kita untuk hidup di dalam Dia. Di dalam hadiratNya. Di dalam naunganNya. Di dalam damai sejahtera yang dia beri. Di dalam kelimpahaNya. Di dalam kemenangan yang sudah ada bagi kita semua. Segala janji-janji Tuhan yang berharga dan sangat besar (2 Petrus 1:4) tersedia bagi kita asalkan kita di dalam Dia.


Masalah dan tantangan dalam hidup ada untuk menguji ketahanan kita di dalam Tuhan. Apa maksudnya? Paulus mendorong jemaat di Kolose untuk hidup berakar di dalam Tuhan, dibangun di atas Dia, supaya iman mereka bertambah teguh. Tantangan ada untuk menguji seberapa kuat fondasi kita di dalam Tuhan. Pada saat badai besar datang, apakah kita goyah, atau kita kuat dan teguh di dalam iman.


Berakar dalam Tuhan berarti bahwa kita benar-benar terhubung dengan sumber hidup. Seperti pohon yang besar, akar dari pohon tersebut memasuk ke dalam tanah, memegang erat tanah tersebuh sambil terhubung dengan sumber air supaya mendapatkan nutrisi yang baik. Sebagai manusia pun, kita harus tertanam kokoh di tanah (yang digambarkan gereja lokal), mendapatkan nutrisi yang sehat, baik itu jasmani atau rohani, sehingga kita bisa menjadi kuat dan kokoh menghadapi tantangan.


Dibangun di atas Dia berarti bahwa fondasi hidup kita adalah Tuhan sendiri. Kehidupan pribadi kita, keluarga kita, pekerjaan kita, "study" kita harus didasari oleh Tuhan. Dikatakan di Alkitab bahwa FirmanNya adalah Dia sendiri. Dasari hidup kita dengan fondasi Firman. Jika kita ingin lebih tinggi, fondasi Firman pun harus semakin dalam, sehingga bila terjadi goncangan, hidup kita tidak akan runtuh. Pernikahan kita tetap kokoh. Pekerjaan, "study", pelayanan kita tetap kuat.


Setiap melewati tantangan demi tantangan, apa yang terjadi? Jika kita berakar di dalam Tuhan, dibangun di atas Dia, maka iman kita akan terus bertambah dan hasil dari semuanya itu adalah sukacita yang melimpah.


Hiduplah di dalam Tuhan. Berakar. Dibangun. Beriman. Bersukacita.

28 views0 comments

Recent Posts

See All